Asalamualaikum
Warohmatullahi Wabarokatuh
Wawancara kerja (job interview)
merupakan tahapan yang harus dilalui oleh mereka yang sedang mencari pekerjaan
atau mendapatkan pekerjaan baru. Tak heran, tahapan ini sering membuat
deg-degan atau stres bagi mereka yang akan menghadapinya.
Apakah Anda salah satu dari mereka?
Dengan mempelajarinya, Anda mendapat gambaran seperti apa pertanyaan saat wawancara kerja dan membuat jawaban yang sesuai dengan pengalaman dan pendidikan Anda.
Untuk membantu Anda melakukan hal tersebut, contoh pertanyaan wawancara kerja dan jawabannya.
Pertanyaan Interview
- Ceritakan kepada kami tentang diri Anda? Ini adalah pertanyaan resmi pembuka karena kadang ada pewawancara yang menanyakan apa kabar dan pertanyaan informal lainnya sebelum secara resmi melakukan wawancara. Untuk menjawab pertanyaan ini berikan dengan singkat namun lengkap tidak bertele-tele Contohnya : Nama saya Arif Rizsldi, lahir di Tangerang 18 Juli 1992, Tinggal di Tangerang bersama orang tua, pendidikan terakhir saya S1 Ekonomi Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang, selama kuliah pernah menjadi Ketua BEM di kampus. (Bila mempunyai pengalaman kerja sebutkan pernah bekerja dimana dan sebagai apa).
- Sejauh mana Anda mengetahui tentang kami? Untuk dapat menjawab pertanyaan ini tentu saja jauh sebelum wawancara dilakukan Anda harus mengetahui profil perusahaan atau profil institusi dimana Anda diwawancara bila perlu ceritakan secara detil susunan organisasi serta cabang-cabangnya, produk-produk yang telah dihasilkan dan lain-lain. Bila perusahaan tersebut bergerak di bidang Teknologi Informasi atau multimedia sebaiknya telah dipelajari perkembangan IT terkini dan prospek perusahaan tersebut kedepan. Berikan data dukung seperti pandangan masyarakat tentang IT dan bagaimana seharusnya menjalankan bisnis IT saat ini dan dimasa yang akan datang.
- Apa yang akan Anda lakukan seandainya diterima di perusahaan ini? Pertanyaan inilah yang menjadi inti dari wawancara, untuk itu sangat diperlukan kehati-hatian dan kelihaian dalam menjawab. Oleh karenanya perlu menekankan kembali skil serta prestasi yang pernah Anda capai yang bisa diterapkan untuk memajukan perusahaan tersebut. Gunakan metode POACH yaitu Planning Organizing Actuating Controlling untuk meyakinkan pewawancara bahwa rencana kerja Anda dilakukan secara sistematis dan terukur.
- Hal apa yang membuat Anda tertarik pada pekerjaan ini? Jawablah dengan beberapa faktor pekerjaan yang menarik dan membutuhkan tantangan serta prospek yang menjanjikan sesuai dengan perkembangan saat ini dan di masa mendatang.
- Apa yang menurut Anda kurang menarik dari pekerjaan ini ? Sebagai basa basi boleh dijawab “hampir tidak ada, bagi saya semuanya menarik” bila memang ada hal yang memang kurang menarik jawablah dengan : “hal yang kurang menarik mungkin tentang ……. tetapi saya sudah punya solusinya dengan ……….” carilah solusi atau jawaban dari sesuatu yang menurut Anda kurang menarik tersebut.
- Apa alasan kami untuk menerima Anda di perusahaan ini ? untuk menjawab pertanyaan ini kembali bisa dilihat pada pertanyaan nomor 3, bahwa Anda memiliki skil, pengalaman dan kompetensi yang sangat dibutuhkan untuk lebih memajukan perusahaan ini.
- Apa tujuan Anda melakukan pekerjaan ini ? Jawablah bawa Anda akan mengimplementasikan kemampuan dan ilmu yang dimilki dan memberikan kontribusi bagi kemajuan perusahaan, berikan jawaban optimisme bagi pengembangan kemampuan dan karir Anda. Usahakan untuk menghindarai jawaban yang berhubungan dengan masalah finansial Anda meskipun semua orang tau bahwa bekerja pastilah mengharapkan gaji/upah, tapi jadikan hal ini bukan satu-satunya tujuan utama Anda.
- Apa yang Anda ketahui tentang formasi yang Anda inginkan di perusahaan ini ? untuk menjawab pertanyaan ini tentunya harus benar-benar mengetahui deskripsi dari posisi tersebut apa kewajiban dan tanggung jawabnya, bagamaina mekanisme kerja yang dilakukan.
- Berapa lama Anda bisa membuktikan bahwa Anda telah memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan ? Jawablah dengan rasio kewajaran dan realistis jangan menjawab yang justru akan menyulitkan Anda sendiri, ceritakan bahwa Anda perlu mempelajari dan mengerti permasalahan yang dihadapi perusahaan serta tantangannya jadi setidaknya diperlukan sekitar enam bulan untuk benar-benar dapat mengerti solusi dari permasalahan yang ada.
- Berdasarkan hasil kesimpulan kami Anda sangat berpengalaman dalam bidang ini. Bagaimana menurut Anda ? Pertanyaan inilah yang kadang membuat kita lepas kontrol dan terlalu merasa yakin diterima paadahal ini adalah pertanyaan jebakan yang akan mengungkap pribadi Anda yang sebenarnya. Untuk itu jangan buru-buru yakin sehingga menyepelekan jawaban, tetaplah rendah hati namun optimis dan percaya diri dengan kemampuan yang Anda miliki. Jawaban yang baik untuk pertanyaan ini adalah : saya tetap harus mengenal perusahaan ini lebih dalam berikut dengan tim yang akan bekerja dengan baik, efisien, cepat, tepat dan akurat yang pada akhirnya akan membawa perusahan semakin maju dan berkembang.
- Berapa besar gaji yang diinginkan ? Bila tidak hati-hati orang bisa terjebak dengan menyebut gaji yang besar diatas umumnya posisi pekerjaan Anda. Oleh karena itu Anda harus tau berapa kisaran gaji yang pantas untuk posisi tersebut sehingga masih dianggap wajar. Kadang pertanyaan seputar gaji ini ditanyakan di sesi awal wawancara, bila hal ini terjadi sebaiknya tidak dulu dijawab tetapi Anda harus tau tanggung jawab serta ruang lingkup dari pekerjaan yang akan menjadi tugas Anda.
Pertanyaan 1 : Ceritakan tentang
diri Anda
Sejauh ini, kalimat ini adalah pertanyaan yang paling
sering muncul dalam sesi interview di tempat kerja. Bisa dikatakan, pertanyaan
ini membuat hampir semua orang merasa grogi karena harus menceritakan dirinya
sendiri. Bagaimana cara menaklukannya? Jawaban terbaik dari pertanyaan ini
adalah dengan memberikan deskripsi singkat tentang diri Anda dan sedikit
ceritakan pengalaman kerja maupun latar belakang pendidikan Anda. Ingat,
singkat saja. Lebih bagus
lagi jika Anda bisa mempersiapkan jawaban terbaik untuk pertanyaan ini sebelum
Anda benar-benar berada dalam sesi interview. Anda akan jauh merasa lebih
percaya diri dalam menjawabnya. Ga percaya? Buktikan ya
Pertanyaan
kedua : Jelaskan mengapa perusahaan harus merekrut Anda?
Poin
penting mengapa interviewer menanyakan hal ini kepada Anda adalah karena mereka
ingin melihat seberapa cocok diri Anda untuk posisi yang mereka tawarkan. Cara
paling mudah untuk memberikan jawaban terbaik dari pertanyaan ini adalah dengan
membuat diferensiasi diri Anda dengan para pelamar yang lain. Sebutkan keunikan
diri Anda yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan perusahaan. Tentunya harus
jujur dan tidak mengada-ngada ya. Misalkan jika saat ini Anda melamar di bagian
marketing, sebutkan keunikan Anda yang pandai mempengaruhi orang lain. Ini akan
menjadi poin tersendiri bagi Anda di mata HRD. Meskipun mungkin Anda memiliki
beberapa kelebihan lain, Anda hanya perlu menyebutkan keahlian Anda yang
berkaitan dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar. Jangan mengatakan Anda
pandai dan teliti dalam keuangan jika Anda melaamar sebagai public relations
dan tak perlu mengatakan Anda pintar presentasi jika posisi yang ingin Anda
lamar adalah akuntan.
Pertanyaan
Ketiga : Mengapa Anda resign dari tempat kerja sebelumnya?
Nah, pertanyaan ini bukan hanya
sering muncul, tetapi ia juga menjadi trik bagi perusahaan untuk mengetahui
niat Anda sebenarnya dalam melamar pekerjaan baru. Hati-hati,
banyak orang terjebak dalam pertanyaan ini. Mereka seringkali mengatakan resign
karena gaji yang terlalu kecil atau bosan dengan rutinitas. Hmmm… coba
posisikan diri Anda menjadi pihak perusahaan yang sedang mewawancarai Anda.
jika Anda mengatakan resign dari pekerjaan lama karena gaji yang kecil,
perusahaan akan menyimpulkan bahwa Anda bisa sewaktu-waktu meninggalkan
pekerjaan untuk mencari gaji yang lebih besar. atau ketika Anda mengatakan bosan
dengan rutinitas di pekerjaan yang lama, perusahaan akan meragukan Anda karena.
Bagaimanapun juga setiap pekerjaan akan menjadi rutinitas seiring berjalannya
waktu. Cobalah
lebih cerdik dalam menjawab pertanyaan ini. Kuncinya, jangan beri jawaban berdasarkan
kondisi perusahaan lama Anda namun beri jawaban berdasarkan apa yang membuat
Anda tertarik bekerja di perusahaan baru. Bisa dikatakan, ini akan
‘menyelamatkan’ Anda 

Pertanyaan Keempat : Apa kekurangan dan kelebihan
Anda?
Tahukah Anda bahwa ini merupakan
pertanyaan yang paling sulit dijawab? Beberapa orang akan merasa kesulitan dan
serba salah ketika menghadapi pertanyaan semacam ini. Mengapa serba salah?
Ketika kita mengemukakan kekurangan, kita khawatir bahwa nilai kita akan
menjadi minus di mata perusahaan. akan tetapi jika kita menyampaikan kelebihan,
kita juga khawatir jika dinilai terlalu percaya diri ataupun sombong. Duh susah
yaaa. Lalu
bagaimana cara menyikapinya? Triknya adalah sebutkan kelebihan Anda dalam bentuk
kekurangan. Misalkan seperti ini : “Saya memiliki kelemahan yaitu kadang terlalu ambisius dalam mencapai suatu
target”“Saya memiliki kelemahan yaitu begitu disiplin dan tepat waktu sehingga
terkadang rekan kerja harus menyesuaikan dengan deadline yang saya buat”.
“Saya memiliki kelemahan diantaranya adalah sering lupa waktu jika sudah
presentasi atau menyampaikan keunggulan suatu produk”
Nah,
dengan cara seperti ini, sesungguhnya Anda sedang menyampaikan kelebihan diri
Anda namun dengan cara yang berbeda. Menarik kan? Selamat mencoba!
Pertanyaan
Kelima : Tolong sampaikan tentang pengalaman Anda memecahkan suatu persoalan
Tujuan dari pertanyaan ini bagi
perusahaan adalah untuk melihat seberapa baik Anda dalam menangani suatu
masalah. Hal ini akan menjadi poin penting penilaian karena terkait
keterampilan Anda ketika berada dalam tekanan kerja. Untuk pertanyaan kali ini,
Anda perlu mengingat kembali prestasi/pencapaian yang pernah Anda dapatkan di
tempat kerja sebelumnya atau pengalaman pribadi dalam hidup Anda yang berkaitan
dengan karir. Ajukan setidaknya 2 cerita yang menarik.
Pertanyaan
keenam : Apa yang Anda pikirkan tentang diri Anda 5 tahun mendatang?
Pertanyaan
ini menjadi kunci bagi perusahaan untuk mengetahui apakah Anda seorang yang
visioner/memiliki ambisi besar atau tidak. Bisa dipastikan mereka yang memiliki
mimpi besar dalam hidup akan menjawab pertanyaan ini dengan mudah dan antusias.
Namun, perusahaan juga bisa melihat bahwa calon pekerjanya adalah orang yang
tidak memiliki visi ketika ia kebingungan dalam menjawab pertanyaan ini. Selain itu,
pertanyaan ini juga untuk menguji apa yang sebenarnya andaa inginkan dalam
hidup atau apa yang menjadi passion terbesar dalam hidup Anda. Jawablah
pertanyaan ini dengan jujur dan antusias. Ini adalah kuncinya. Pikirkan
jauh-jauh hari sebelum saat wawancara untuk mematangkan jawaban Anda.
Pertanyaan Ketujuh : Berapa gaji yang Anda harapkan
dari perusahaan?
Ini
adalah pertanyaan yang membuat sebagian calon pekerja merasa kikuk. Akan ettapi
jangan khawatir, kami punya trik untuk mengatasinya
"mengenai gaji saya
serahkan kepada perusahaan, karena saya yakin perusahaan memiliki standar gaji
untuk karyawan yang sesuai dengan posisi, tugas serta tanggung jawabnya". Bagi Anda
yang belum memiliki banyak pengalaman dalam interview, katakan bahwa Anda tidak
memiliki gambaran terhadap standar perusahaan. namun, tetaplah berikan batas minimal
gaji yang Anda inginkan. Cobalah untuk tidak menyebutkan
jumlah spesifik gaji yang Anda inginkan namun katakanlah dalam bentuk kisaran.
Seperti antara 5- 10 juta, bukan jumlah spesifik seperti 7,5 juta misalnya.
7 hal tadi adalah pertanyaan yang paling sering ditemui dalam sesi interview kerja. Namun bagaimana jika Anda diberikan pertanyaan yang sama sekali tidak umum atau tidak Anda bayangkan sebelumnya? Tenang, jangan panik. Kami juga punya solusinya untuk Anda. hehehe Beberapa pertanyaan tidak umum yang seringkali ditanyakan adalah seputar :

7 hal tadi adalah pertanyaan yang paling sering ditemui dalam sesi interview kerja. Namun bagaimana jika Anda diberikan pertanyaan yang sama sekali tidak umum atau tidak Anda bayangkan sebelumnya? Tenang, jangan panik. Kami juga punya solusinya untuk Anda. hehehe Beberapa pertanyaan tidak umum yang seringkali ditanyakan adalah seputar :
1. Mengapa Anda pernah
mendapatkan nilai C?
Kunci jawabannya adalah : saat kuliah
saya tidak hanya menjadikan mata kuliah sebagai satu-satunya tempat
pembelajaran. Selain kuliah, saya juga aktif dalam beberapa kegiatan dengan
tujuan meningkatkan soft skills saya.
2. Anda sudah
lulus 10 bulan yang lalu, tapi mengapa Anda belum mendapatkan pekerjaan?
Kunci jawabannya adalah : Saya
menghabiskan begitu banyak waktu tenaga dan pikiran selama menjalani masa
studi. Setelah lulus, saya sengaja mengistirahatkan diri saya sejenak agar bisa
kembali fresh dan semangat saat menjalani kehidupan baru dalam karir.
3. Mengapa Anda menginginkan
pekerjaan ini?
Kunci
jawabannya adalah : sebutkan kelebihan perusahaan yang membuat Anda tertarik.
Fokus pada apa yang ada di perusahaan, bukan pada kecenderungan diri Anda.
Penutup
Jangan ragu untuk mengubah atau memodifikasi jawaban-jawaban di atas agar sesuai dengan pengalaman dan pendidikan Anda.
Jika diperlukan, beli juga buku-buku seputar wawancara kerja sehingga persiapan Anda menjadi lebih baik lagi.
Selamat mencoba dan Semoga Sukses
Wasalamualaikum Warohmatullahi Waborakatuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar